Jumat, 11 November 2011

Asal Kemunculan GRUNGE


Banyak pihak mengatakan bahwa Grunge pertama kali kemunculan nya di tahun 1980-an. Namun pada era 60-an sudah ada sebuah band yang memaikan musik grunge yaitu Crosby, Still, Nash and Young. Tapi saat di sayangkan band-band ini tidak bertahan lama kerena ledakan punk pada era 70-an. Hanya Neil Young yang masih tetap bertahan sehingga membuat band ini di juluki “The Goodfather Of Grunge”.
Sebagian litelatur lainnya meyebutkan kemunculan Grunge sejak era kejayaan punk rock di tahun 1970-an dan bertempat di Minneapolis, AS. Dengan musik yang nyaris minus sound effect, kecuali sura gitar yang sangat kasar, Grunge dinilai banyak kritisi musik yang tidak lebih dari “rock n roll” minus atribut.
Grunge adalah subgenre dari aliran Alternative dengan ciri khas Distorsi gitar kenceng. riff2 gitar kotor, beat drum juga kenceng. ditambah suara berat vokal…itu ciri2 Pure Grunge. Band yg bawain Pure Grunge sebut saja MUdhoney, Mother LOve Bone, Greenriver, Nirvana, Butterhole Surfer…dan masih banyak lagi…. ?

Grunge tidak lahir dengan sendirinya, Grunge tidak sama dengan hardrock atau heavy metal, tapi Grunge anaknya hardrock era 70-an dan di padukan dengan musik punk rock.
Tabir Grunge mulai terbuka pada tahun 1986 ketika kemunculan rilisan album kompilasi Deep Six. Band yang tergabung di album tersebut dianatarnya Soundgarden, Green River, dan Melvin. Begitu bebas dan lepas, cerminan yang terpantul dari sikap bermusik para pengusung Grunge. Meraka bermusik hanya untuk hobi belaka, bukan untuk mencari uang. Mereka cukup senang jika masuk dapur rekaman lalu di edarkan oleh perusahaan rekaman tampa memperdulikan bangsa pasar. Komunitas rock di seattle melahirkan kembali rilisan album kompilasi berikutnya yang juga sangat fenomenal, yaitu “Temple of The Dog”.

======================================================
Suatu genre musik pastilah terpengaruh oleh gaya hidup yang dianut, seperti dalam kehidupan kita sehari-hari. Begitu pula Musik Grunge yang sangat dipengaruhi oleh gaya hidup NgeGrunge itu sendiri. bagaimana gaya hidup musik Grunge yang sebenarnya?banyak pengamat musik dan kritikus dari barat yang beranggapan bahwa gaya hidup Grunge yang asli gaya hidup yang erat kaitannya dengan sampah. Mereka makan sehari-harinya dari sampah yang dipungut dan dari koin recehan yang dilempar orang, hidup dari tunjangan sosial pemerintah, tidur mabuk di trotoar atau di bangku-bangku taman, sekali-kali ngompas dan melakukan tindak kriminal dan banyak hal lain yang kurang pantas untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Itulah mengapa para musisi pengusung musik Grunge menolak dengan tegas apabila mereka dijuluki musisi Grunge!seperti Sound Garden dan Alice in Chains. Mereka lebih bangga disebut musisi Hard Rock, itu mereka buktikan dengan album kompilasi mereka dalam HardRock Compilations#1.SilverChair dan Pearl Jam lebih bangga jika disebut musisi Alternatif / modern Rock. Hal ini dibuktikan dengan pendapat dari vokalis dan gitaris SilverChair Daniel John yang mengatakan dirinya sangat menyukai musik Grunge tetapi menolak dengan keras jika disebut musisi Grunge. Dia menolak karena mereka mempunyai fasilitas, mereka kuliah,hidup layak dan kemana-mana naik mobil.dan yang lebih menyedihkan Nirvana dan Kurt Cobain yang dianggap sebagai icon grunge itu sendiri juga menolak disebut sebagai musisi Grunge.
Grunge juga menjadi sebuah kulture, life Style. namun berbeda dengan Punk. bedanya gini..kalo musisi Punk pasti bangga disebut Punker, sementara itu musisi pengusung Grunge ga bakal mau disebut Grungies. itu karena para musisi pengusung Grunge ga suka dengan gaya hidup Grungies2 yg kotor. hidup dijalanan, makan dari memungut sampah, dari memalak, merampok, jual ganja, tunjangan sosial. ga suka juga dengan anak2 Grunge yg moshing2 saat ada gigs Grunge tapi ga pernah tau arti lagu yg dibawain…cuma moshing karena pengaruh alkohol gitu…

Cobain sendiri lebih senang disebut Punkers, karena mereka lebih bisa berfikir dan menyelami jiwa masihng-masing, bukan hanya karena lagunya enak lantas mereka menari dalam berbagai istilah (pogo,moshing,ect..) tetapi nggak tahu apa yang mereka inginkan disampaikan dari lagu tersebut. Cobain sangat membenci ulah anak-anak Grunge yang sedemikian apatis dan egois. hal ini ia tuangkan di lagu in bloom, Cobain sendiri sebenarnya pingin membentuk Nirvana band Punk. Ini dibuktikan bahwa dengan pendapat Christ Novoselic yang menjelaskan bahwa Cobain sebenarnya menginginkan Nirvana menjadi sebuah band Punk bernuansa seperti Sex Pistols tetapi karena ia kekurangan referensi maka jadilah Nirvana menjadi sebuah band Punk yang aneh!namun diluar itu semua band-band tadi sependapat dalam satu hal bahwa Grunge bukanlah gaya hidup yang mereka anut walaupun mereka memainkan musik Grunge, tetapi lebih pada unsur bahwa Grunge is Soul yang mencerminkan tentang kejiwaan yang redup, bercerita tentang sisi lain dari dunia yang orang lain menganggapnya sinting dan lebih pada sifat koreksi pada diri sendiri. Di Amerika sendiri kaum Grunge berbaur dalam kehidupannya sehari-hari dengan kaum Punk dan ketika ditanya kenapa nggak sekalian masuk ke musik Punk? Mereka menjawab bahwa itu adalah masalah selera, tidak semua orang menyukai hamburger, ada juga yang suka steak atau hot dog.
Grunge udah lama ilang katanya. Grunge tuh cuma sensasi sesaat ala era 90-an. kata mereka (yang anti grunge) tuh..but nyatanya believe it or not. Grunge dah jadi kiblat bagi banyak aliran Musik lain. dan Grunge adalah Kulture terakhir yg tercipta di bumi. karena setelah Grunge, kulture2 yg tadi cuma penyempurnaan atau pengulangan ga ada yg orisinil. sebagai contoh yah bangkitnya kembali Reggae, Emo. tuh kan cuma pengulangan…???

sekarang sebuah tantangan buat Grungies2 Indonesia…..
mengertikah kalian apa itu Grunge…?? mengapa kalian memilih menjadi penyuka Grunge..tahukah kalian ujung pangkal luar dalam kenapa kalian suka Grunge…??

Referensi
-perbicangan dengan beberapa temen
-Sumber internet
-beberpa buku yang saya baca mengenai Grunge


Tidak ada komentar:

Posting Komentar